Gay tidak menular

SEMINAR FKUI DELIVERING INFORMATION OF HOMOPHOBIA IN INDONESIA

 

Organisasi mahasiswa kedokteran Universitas Indonesia SCORA (Standing Committee reproducing health of community” mengadakan seminar berjudul DELTOID (Delivering information of homophobia in Indonesia) pada tanggal 18 februari 2011. Acara ini bertujuan untuk membuka fikiran ke mahasiswa tentang homoseksual. “Apalagi kita calon dokter, dan dokter itu harus bisa berempati dengan baik. Kenapa kita harus takut mereka, toh mereka juga manusia.” Ungkap panitia, Nabila Diningtyas, mahasiswi FKUI.

Acara yang berlangsung di Ruang Kimia 3 FKUI salemba ini menghadirkan Dr Lukas M SPJ (K), Tono permana dan Lenny Siguharto selaku narasumber. Dr Lukas membuka seminar dengan membahas tentang Homoseksual dari segi medis. Selama ini banyak orang yang menganggap homoseksual menular namun sebenarnya tidak. Selain itu homoseksual juga bukanlah suatu penyakit. “ada homoseksual yang menderita gangguan jiwa yang disebabkan karena mendapatkan tekanan dari banyak orang. Akan tetapi bukan karena homoseksualitasnya” Jelas Dr. Lukas

Lenny Sugiharto yang saat ini menjabat sebagai ketua Yayasan Srikandi Sejati memaparkan pengalamannya selaku seorang waria dalam kehidupan bermasyarakat yang sangat rentan akan diskriminasi dan stigma buruk. Selain berbagi pengalaman waria yang akrab disapa dengan Mami Leny ini menyajikan hiburan dari tiga waria muda yang menari daerah. Sedangkan Tono Permana memberikan pengakuan setelah ia membuka diri akan orientasi seksualnya ke keluarga. Banyak sekali perubahan pola hidup yang yang lebih sehat setelah ia ‘open’. “Setelah saya mengaku sama keluarga kalau saya gay, saya jadi malu sendiri kalau saya bawa laki-laki ke dalam kamar dikunci.” jelas Tono.

Dr Lukas juga berpesan, “Yang penting apapun orientasi anak itu kita terima anak itu apa adanya tanpa diskriminasi. Kita tidak bisa paksakan. Yang penting sang anak merasa sehat dan bahagia apapun identitasnya bukan homoseksual dan bukan heteroseksual.”

Untuk kedepan seminar Deltoid ini akan dilakukan rutin setiap tahunnya. Karena sejauh ini mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas indonesia sendiri masih kurang mendapatkan informasi tentang homoseksual. Salah satu alasannya karena homoseksual masih dianggap tabu. Dari seminar ini dapat disimpulkan bahwa yang musti di ubah Homophobia bukan seksualitas.

 

 

Tinggalkan komentar